Pada aplikasi CorelDRAW sampeyan sudah mengenal perintah-perintah Transformasi tapi kita hanya bekerja pada ruang 2D, pada 3ds Max juga ada fitur2 Transformasi dengan perintah yang lebih luas karena kita bekerja dengan ruang 3D, dalam hal ini kita harus memahami sumbu koordinat sistem (X,Y,Z) yang bertujuan sebagai penunjuk arah object, seperti move, rotate, scale (pada CorelDRAW dikemas dalam satu menu yang namanya Pick tool)
Adapun futur2nya sebagai berikut;
Select and Move;
Adalah fitur yang digunakan untuk menggeser object
Keterangan;
- Untuk menggeser object dengan bebas
- Anak panah untuk menggeser menggeser object dengan acuan Sumbu, Merah=X, Hijau=Y, Biru=Z
Select and Rotate;
Adalah fitur yang digunakan untuk memutar object
Keterangan;
- Merah untuk memutar dengan acuan sumbu X
- Hijau untuk memutar dengan acuan sumbu Y
- Biru untuk memutar dengan acuan sumbu Z
Select and Scale;
Adalah fitur yang digunakan untuk mengatur besar kecilnya object
Keterangan;
- Untuk merubah besar kecil dengan porposional dengan acuan sumbu XYZ
- Untuk merubah besar kecil hanya dua sumbu saja seperti XY, XZ, YZ, sehingga tercipta object yang lonjong menyamping
- Untuk merubah besar kecil berdasarkan satu sumbu yaitu; X, Y, Z, sehingga tercipta object yang lonjong
Artikel Terkait Tutorial 3ds Max
- Memotong Obyek Geomerty pada 3ds Max
- Menggabung Obyek Geometry pada 3ds Max
- Menggeser, Memutar dan Mengatur Skala pada 3ds Max
- Mengganti Nama dan Warna Obyek pada 3ds Max
- Memilih Obyek pada 3ds Max
- Membuat Objek Geometry pada 3ds Max
- Viewport Navigation Controls
- Viewport pada 3ds Max
- Command Panels pada 3ds Max
- Menu Bar pada 3ds Max
- Membuat Object Batu dengan 3ds Max
- Membuat Obyek Gunung dengan 3ds Max
- Menyembunyikan Object pada 3ds Max
- Meshsmooth pada 3ds Max
- Array pada Obyek dengan 3ds Max